PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN PEMBANDING DAN ALAT UKUR DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Purba, Robet Afaldo (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN PEMBANDING DAN ALAT UKUR DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123121024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123121024 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123121024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123121024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123121024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123121024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123121024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123121024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123121024 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123121024 TABLE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123121024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123121024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123121024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123121024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123121024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123121024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123121024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123121024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar alat ukur dasar siswa kelas X TP SMK 2 Pematangsiantar dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Dalam pelaksanaan tindakan guru dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus. Hasil penelitian yang didapat pada nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 3, nilai persen aktivitas yang dicapai 75% pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru 3,2 nilai persen aktivitas yang dicapai 86%. Aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 3,2 dengan persentase aktivitas yang dicapai adalah 78,7%, pada siklus II nialai rata-rata aktivitas siswa adalah 3,4 dengan persentase aktivitas yang dicapai adalah 85%. Untuk hasil evaluasi siklus I nilai tertinggi 85, nilai terendah 55. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 26 orang dan ketuntasan 70,27%. Pada siklus II nilai tertinggi 90, nilai terendah 70. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 30 orang dan ketuntasan 81,01%. Melalui penelitian ini terbukti bahwa strategi Model Pembelajaran Problem Based Instruction telah meningkatkan Keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Pembanding dan Alat Ukur Dasar dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TP SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MES 008
Keywords: Model pembelajaran problem based instruction (PBI); Keaktifan belajar; Hasil belajar; Alat ukur dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:01
Last Modified: 13 Feb 2017 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22927

Actions (login required)

View Item
View Item