PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI MODEL GUIDED INQURY (GI) DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI IPA DI KOTA MEDAN

Fadillah, Eva (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI MODEL GUIDED INQURY (GI) DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI IPA DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.COVER.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8126142007.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang mendapat model pembelajaran Direct Instruction (DI), Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Guided Inquiry (GI), dan Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Guided Inquiry (GI) dengan menggunakan media berbasis komputer (2) Perbedaan peningkatan karakter DBMTJ (disiplin, berpikir kritis, mandiri, tanggung jawab, jujur) siswa yang mendapat model pembelajaran yang diterapkan, dan (3) Hubungan antara karakter siswa dengan hasil belajar kimia siswa yang mendapat model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bersifat eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas XI di kota Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu SMAN 4, SMAN 14 dan SMAN 21 Medan masing-masing sebanyak 3 kelas. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kimia dan lembar observasi karakter siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (Anova) 1 arah (One way Anova) dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi a= 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang mendapat model pembelajaran yang diterapkan. (2) Terdapat perbedaan nilai karakter DBMTJ antara siswa yang mendapat model pembelajaran yang diterapkan. (3) Terdapat hubungan hasil belajar dengan nilai karakter DBMTJ diantara siswa yang mendapat model pembelajaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 541.393 071 2 Fad p
Keywords: Hasil belajar; Pendidikan karakter; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jan 2017 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22825

Actions (login required)

View Item View Item