PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN TANPA MODUL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017

Manik, Eben Aslan (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN TANPA MODUL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM.5123321010 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM.5123321010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM.5123321010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM.5123321010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM.5123321010 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM.5123321010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM.5123321010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM.5123321010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM.5123321010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM.5123321010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. NIM.5123321010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menggambar teknik siswa kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengguakan modul dengan siswa yang tanpa modul pada materi pokok pengenalan alat gambar dan penggunaanya Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 saebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang, kelas X2 sebagai kelas control yang erjumlah 35 orang. Teknik anailisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukan thitung >ttabel pada α = 0,05. Hasil penelitian dilihat dari nilai tes akhir ( Post Test) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 84,4 dengan standar deiviasi 5,11 dan skor rata-rata kelas control adalah 65,17 dan standar deiviasi 7,18. Dari uji prasyarat analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesi yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung= 12,97 dan ttabel= 1,9 (12,97>1,9) yang berarti hipotesis penelitian dapat diterima.Hasil ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunnakan modul dan siswa yang tanpa menggunakan modul pada mata pelajaran gambar teknik dengan standar kompetensi mengenal alat gambar dan cara menggunakan alat gambar, siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesiann SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2016/2017. Hasil belajar yang diajar menggunakan modul lebih tinggi dari hasil belajar yang yang tanpa menggunakan modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSalim, 195507271985031001
Call Number: SK-2017 MSN 001
Keywords: Pembelajaran modul; Pembelajaran tanpa modul; Hasil belajar gambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item