PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN.NO 071079 MANDREHE KECAMATAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT TP. 2015/2016

Gulo, Nasehati (2016) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN.NO 071079 MANDREHE KECAMATAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 114523114009 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 114523114009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 114523114009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 114523114009 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 114523114009 DAFTAR PUSTAK A.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 114523114009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 114523114009 LEMBAR PENGESHAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 114523114009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 114523114009 D A F T A R I S I.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 114523114009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 114523114009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 114523114009 BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada pokok bahasan peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah pada kelas V SD Negeri 071079 Mandrehe tahun pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SD Negeri No. 071079Mandrehe pada semester genap tahun pembelajaran 2015-2016. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa, dengan perincian 11 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk melihat keaktifan siswa. Berdasarkan data hasil penelitian mulai dari prasiklus sampai siklus II ditemukan bahwa sannya hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran setiap siklus, dibandingkan pada saat hasil belajar sebelumnya.Pada awal penelitian diperoleh rata-rata pre test yaitu sebesar 57,72 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40 dan nilai rata-rata kelas 57 dan belum dapat dikatakan tuntas.Pada akhir siklus I dilakukan test untuk melihat hasil belajar yang diperoleh siswa. Dari 22 siswa yang menjadi subjek penelitian ini, tenyata 12 orang siswa (54,54%) yang memiliki ketuntansan belajar, sedangkan 10 orang siswa (45,45%) masih belum memilki ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I mencapai 65,90 dan belum dapat dikatakan tuntas sehingga perlu dilanjutkan pada penelitian siklus II.Hasil test siklus II, dari 22 orang siswatelahada 22 orang siswa (100%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 87,27 (tuntas). Dan padasiklus II peningkatansebesar 21,28daritindakansiklus I kesiklus II. Atau dengan kata lain ada peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurip, Muhammad198008102008011010
Call Number: SK-2016 PGSD 397
Keywords: Hasil belajar PKn; Metode diskusi; PTK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jan 2017 08:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22765

Actions (login required)

View Item View Item