UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN

Napitupulu, Togi Supriadi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. SURAT PERNYATAA.pdf - Published Version

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. BAB I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami ilmu bahan bangunan melalui penerapan model pembelajaran Time Token pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang .Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas kedalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari pengenalan tentang batu bata, Macam dan fungsi peralatan tangan kerja batu. Dan siklus kedua mempelajari tentang Pengetahuan bahan adukan dan campuran pasangan batu bata. Hasil ujicoba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 30 soal diperoleh 25 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 6 soal yang mudah, 19 soal yang sedang dan 0 soal yang sulit. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 11 soal yang baik, 10 soal cukup dan 1 sukar. Uji reabilitas diperoleh 0,9169 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 30 soal diperoleh 25 soal valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal mudah, 21 soal sedang, uji daya beda didapat 4 sangat baik, 10 soal baik, 11 soal cukup dan 0 soal yang jelek. Uji reabilitas diperoleh 0.9181( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indicator ratarata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80% di dalam kelas dengan baik dalam pemebelajaran Memahami Ilmu Bahan Bangunan. Hasil penelitian hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus I nilai hasil belajar yang diperoleh 75% sedangkan pada siklus ke II nilai hasil belajar yang diperoleh meningkat menjadi 83% . Pada aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai 75% sedangkan pada siklus ke II nilai aktivitas siswa meningkat menjadi 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2014/2015 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1. Penerapan Model Pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Memahami Ilmu Bangunan dapat diterima. 2. Penerapan Model Pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Ilmu Bangunan dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin-angin, Sempurna195712271984032003
Call Number: SK-2015 BAN 008
Keywords: Model Time Token, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item View Item