PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA

Nababan, Lizon Muctar (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Cover.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lizon Muctar Nababan NIM 5103311019 Lembar Pernyataan, Pengesahan dan Persetujuan.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 BAB I.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 BAB V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian semu atau quasy eksperimental. Perhitungan hasil uji coba instrumen, dari 32 soal diperoleh 28 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Indeks kesukaran soal diperoleh 20 soal dalam kategori sedang dan 8 soal dalam kategori mudah. Daya beda soal diperoleh 8 butir soal dalam kategori cukup, terdapat 17 butir soal dalam kategori baik, dan 3 butir soal dalam kategori sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh rhitung 0,93 dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil perhitungan hasil belajar siswa, diperoleh rata-rata skor siswa pada kelas eksperimen (21,67) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar pada kelas kontrol (18,37). Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung (4,54) > ttabel (2,03). Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: SK-2015 BAN 004
Keywords: Ilmu Bahan Bangunan, Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22717

Actions (login required)

View Item View Item