UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STANDART KOMPETENSI MENGESET MESIN DAN PROGRAM MESIN CNC DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 BALIGE

Parhusip, Bastian Rikardo (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STANDART KOMPETENSI MENGESET MESIN DAN PROGRAM MESIN CNC DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Mengeset Mesin Dan Program Mesin CNC dengan menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 1 Balige T.A 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Quantum Teaching sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan model quantum Teaching meningkat dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 56,2 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 10,34%. Pada siklus I dengan penerapan Model quantum teaching diperoleh rata-rata kelas menjadi 66,89 dan persentase ketuntasan klasikal menjadi 41,32% Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan model quantum teaching diperoleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 75 dan ketuntasan klasikal menjadi 82,75%. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengeset mesin dan program mesin CNC pada siswa kelas XII TP1 SMK N 1 Balige.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: SK-2015 MSN 005
Keywords: Model quantum teaching; Hasil belajar; Standart kompetensi; Program mesin CNC
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22715

Actions (login required)

View Item View Item