PENGARUH METODE LATIHAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Lestika, Chita Sri (2015) PENGARUH METODE LATIHAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103311006 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103311006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103311006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5103311006 BAB I.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5103311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103311006 BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan terhadap hasil belajar mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan dengan melihat karakteristik kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 48 orang yang terdiri dari kelas X Teknik Gambar Bangunan 1 untuk perlakuan dengan metode latihan sebanyak 24 orang dan kelas X Teknik Gambar Bangunan 2 untuk perlakuan dengan metode konvensional sebanyak 24 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan instrument penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi Product Moment Perarson. Uji reliabislitas tes digunakan rumus KR-20. Instrument tes hasil belajar mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan yang valid diperoleh 24 butir dari 30 butirtes yang di uji cobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,81. Teknik pengumpulan data hasil belajar dengan menggunakan rancangan penelitian menggunakan desain Anava 2 x 2. Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas diuji dengan uji Liliefors dan homogenitas diuji dengan uji F dan uji Barlett. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif antara metode latihan terhadap hasil belajar mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan ditunjukkan Fhitung =8,975>Ftabel = 4.06 pada taraf signifikansi α = 5%. (2) terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan ditunjukkan Fhitung = 8,975> Ftabel = 4.06 (3) Terdapat interaksi antara metode latihan dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan, hal ini ditunjukkan diperolehnya Fhitung = 17,731> Ftabel = 4.06 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKristian, 196012241986011002
Call Number: SK-2015 BAN 015
Keywords: Metode Latihan, Kecerdasan Emosional, Ilmu Statika dan Tegangan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22712

Actions (login required)

View Item View Item