PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI(GROUP INVESTIGATION) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN SISWA KELAS XI TKPI SMK NEGERI 1 TALAWI

Darmawan, Ilham Akbar (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI(GROUP INVESTIGATION) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN SISWA KELAS XI TKPI SMK NEGERI 1 TALAWI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5101131009 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5101131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5101131009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5101131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5101131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5101131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5101131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5101131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5101131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5101131009 BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5101131009 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5101131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem kelistrikan”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar sistem kelistrikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) di SMK Negeri 1 Talawi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Talawi yang beralamatkan di jalan Perintis Kemerdekaan No.73, Desa Indrayaman Kecamatan Talawi-Kabupaten Batubara tahun pembelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKPI yang berjumlah 31 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah soal pilihan berganda yang telah di uji validasi. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe GI. Berdasarkan Hasil analis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 45,16% menjadi 70,97% pada siklus II. Dari hasil analisi tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 25, 81%, sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 31 siswa hanya 20 (64,52%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai ratarata 77 menjadi 26 siswa (83,87%) pada siklus II dengan rata-rata 83,46, ini berarti meningkat sebesar 19,35%. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasiskal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Pada uji korelasi product momen r = 0,82. pada uji signifikansi untuk hasil belajar thitung > ttabel yaitu 4,01 > 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan belajar akuntansi siswa yang di tunjukkan dengan peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe GI (Group Investigation) dapat meningktkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi sumber energy listrik pada kapal di kelas XI TKPI SMK Negeri 1 Talawi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini berarti bahwa penerapan Model Pembelajran Kooperatif tif Tipe GI dapat digunakan sebagai alternative pada pembelajaran sistem kelistrikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRosnelli, 196210201989032002
Call Number: SK_2015 ELK 012
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item View Item