PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TV DI KELAS XI AV SMK NEGERI 4 MEDAN

Naibaho, Santo Moreno (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TV DI KELAS XI AV SMK NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 509331015 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi memperbaiki sistem penerima TV yang diajarkan dengan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pokok memperbaiki sistem penerima TV pada siswa kelas XI AV SMK Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan menggunakan mode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar memperbaiki sistem penerima TV. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana siswa diberikan postest pada setiap akhir siklus untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif. Penelitian ini juga mengamati perkembangan aktipitas, afektipitas, dan pisikomotorik siswa dengan menggunakan lembar pengamatan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar sebanyak 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar (68 ) dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 55% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar (78) dengan ketuntasan hasil belajar 85%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI AV untuk materi pokok mempernaiki sistem penerima TV meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahman, Arif196605161992031001
Call Number: SK-2015 ELK 007
Keywords: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar memperbaiki sistem penerima TV.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item