HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT KEJURUAN DENGAN HASIL BELAJAR MENGINTERPRESTASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF SMK SWASTA RAKSANA MEDAN

Nababan, Iskandar (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT KEJURUAN DENGAN HASIL BELAJAR MENGINTERPRESTASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF SMK SWASTA RAKSANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kemandirian belajar dan minat kejuruan dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 64 orang siswa Tingkat I Program Keahlian Mekanik Otomotif. Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 56 orang. Data variabel hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik diambil dari dengan menggunakan tes pilihan berganda sedangkan kemandirian belajar dan minat kejuruan dijaring dengan menggunakan angket. Hasil uji coba angket kemandirian belajar dan minat kejuruan memiliki reliabilitas yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kemandirian belajar dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik ry1,2 sebesar 0,457, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,266. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel minat kejuruan dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik ry2,1 sebesar 0,351, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,266. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier dan berarti antara kemandirian belajar dan minat kejuruan secara bersama-sama dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik dengan koefisien korelasi r sebesar 0,521 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi r2 sebesar 0,272 yang berarti bahwa hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik dapat dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan minat kejuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoiri, 195508011986011001
Call Number: SK-2015 MSN 042
Keywords: Kemandirian belajar; Minat kejuruan; Hasil belajar; Gambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jan 2017 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item View Item