PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIOVIDEO MATA DIKLAT TEKNIK ELEKTRONIKA SMK N.1 LUBUK PAKAM T.A 2014/2015

Sitohang, Agustinus (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIOVIDEO MATA DIKLAT TEKNIK ELEKTRONIKA SMK N.1 LUBUK PAKAM T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5103331004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5103331004 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5103331004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5103331004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  5103331004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5103331004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5103331004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5103331004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5103331004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5103331004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5103331004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5103331004 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.5103331004 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.5103331004 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5103331004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5103331004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5103331004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5103331004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5103331004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5103331004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metoda konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian.
Penelitian ini dilakukan di SMK N1 Lubuk Pakam pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video yang terbadi dalam dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas perlakuan dan kontrol. Kelas X TAV 1 sebagai kelas perlakuan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X TAV 2 menjadi kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Konvensional .
Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran Teknik Elektronika diperoleh Lhitung= 0,1185 dan Ltabel = 0,1542 maka diperoleh Lhitung(0,1185) < Ltabel(0,1542) pada kategori normal, dan pada pembelajaran konvensional Lhitung = 0,1164 dan Ltabel = 0,1566 maka diperoleh Lhitung(0,1164) < Ltabel(0,1566) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional digunakan uji F pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,32 dan Ftabel = 1,74, maka Fhitung(1,32) < Ftabel ( 1,72) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf keprcayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 15,49 dan ttabel = 1,6507 sehingga thitung < ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Teknik Elektronika dengan pembelajaran Kooperatif tipe STAD dibandingkan siswa dibelajarkan dengan metode Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 025
Keywords: Elektronika,Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:16
Last Modified: 16 Jan 2017 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22640

Actions (login required)

View Item
View Item