Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Modul dan Tanpa Menggunakan Modul Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK-TI YAPIM Medan

Dame S., Syarivan (2015) Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Modul dan Tanpa Menggunakan Modul Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK-TI YAPIM Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103321037 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103321037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103321037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103321037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103321037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103321037 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103321037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103321037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5103321037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103321037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul dan tanpa menggunakan modul pada mata pelajaran gambar teknik kelas X SMK-TI YAPIM Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas X TKR SMK-TI YAPIM Medan yang berjumlah 132 orang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X TKR 3 yang merupakan kelompok eksperimen dan kelas X TKR 2 yang merupakan kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul dan tanpa menggunakan modul pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMK-TI YAPIM Medan. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan modul lebih efektif dibandingkan dengan sistem pembelajaran tanpa modul Hal ini dibuktikan dari uji t dan diperoleh bahwa thitung sebesar 6,00. Dengan dk = (33+29-2) = 60 pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh bahwa ttabel = 2,0, dengan demikian thitung > ttabel atau 4,93 > 2,0.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimarmata, Mangambit195410241980031005
Call Number: SK-2015 MSN 047
Keywords: Hasil belajar; Modul; Gambar teknik; Ranah kognitif; Ranah afektif; Ranah psikomotorik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Jan 2017 09:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22618

Actions (login required)

View Item View Item