PENERAPAN MEDIA BELAJAR ISPRING, POWER POINT DAN ADOBE FLASH (IPPA) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK

Siregar,, Laurensus (2015) PENERAPAN MEDIA BELAJAR ISPRING, POWER POINT DAN ADOBE FLASH (IPPA) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 508131037 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 508131037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 508131037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 508131037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 508131037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 508131037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 508131037 BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 508131037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 508131037 BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 508131037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori Memasang Instalasi Tenaga Listrik Sederhana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teori MITLBS pada kelas X di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015 dengan menerapkan media belajar ispring, power point dan adobe flash (IPPA Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Swata PAB 6 Medan Estate. Penelitian terdiri dari 2 Siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I mengalami peningkatan sebesar 33% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest 57,5 ( 3 siswa tuntas) dengan persentase 17% dan pada Siklus I nilai rata – rata 63,3 (8 siswa tuntas) dengan persentase 44%. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh adalah nilai rata – rata 71,3 (14 siswa tuntas) dengan persentase 78%. Terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 33% (dari 44% menjadi 78%). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan media belajar ispring, power point dan adobe flash (IPPA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBaharuddin, UNSPECIFIED
Call Number: Sk-2015 ELK 018
Keywords: Ispring, Power Point, Adobe Flash, Instalasi, Siklus, Reduksi Data
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jan 2017 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22610

Actions (login required)

View Item View Item