PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SIPISPIS

Simanjuntak, Jhonristovel (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SIPISPIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diajukan karena rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur dimana dari 35 siswa yang dinyatakan tuntas (KKM ≥ 70) 10 siswa atau sekitar 29% dan 20 siswa lagi dinyatakan tidak tuntas atau sekitar 71%. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKR SMK Negeri 1 Sipispis, yang mana terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Tindakan Peneletian Kelas (PTK), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD), yang mana dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata siswa 49,65 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 29%. Pada siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) diperoleh nilai rata-rata siswa 70,05 dengan persentase ketuntasan klasikal 43% dan persentase aktifitas belajar siswa 62%. Meski sudah mengalami peningkatan namun kelas belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal (siswa yang tuntas ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 74,48 dengan persentase ketuntasan klasikal 71% dan persentase aktifitas belajar siswa 75%. Pada siklus II kelas masih belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal siswa yang tuntas ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus III dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus II. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa 78,62 dengan persentase ketuntasan klasikal 86% dan persentase aktifitas belajar siswa 87%. Pada siklus III. %. Pada siklus III kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Sipispis pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Benyamin195406151982011001
Call Number: SK-2015 MSN 054
Keywords: Model pembelajaran; Aktivitas belajar; Strategi pembelajaran; Pekerjaan dasar teknik otomotif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Jan 2017 03:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22596

Actions (login required)

View Item View Item