PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LATIHAN (DRILL) TERHADAP HASIL BELAJAR KERAJINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM

Darmawati, Eka (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LATIHAN (DRILL) TERHADAP HASIL BELAJAR KERAJINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 9 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 13 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang
menggunakan metode latihan (drill) membuat tali pinggang dengan teknik
macrame pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Untuk mengetahui
hasil belajar siswa secara berkelompok membuat tali pinggang dengan teknik
macrame pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Untuk mengetahui
pengaruh hasil belajar siswa membuat tali pinggang dengan teknik macrame pada
siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam dengan menggunakan metode
latihan (drill) dan belajar kelompok..
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu (Quasi Eksperimen) dengan perlakuan kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IIV sebanyak 9 kelas
dengan jumlah 288 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive
Sample, sehingga sampel penelitian sebanyak 32 siswa di kelas eksperimen dan
32 siswa dikelas kontrol. Instrumen penelitian hasil belajar di jaring melalui
lembar pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kategorial variabel hasil
belajar Kerajinan pada siswa kelas IIV SMP Negeri 2 Lubuk Pakam untuk kelas
Eksperimen tergolong kategori tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi
yaitu 53,125%. Tingkat kategori hasil belajar Kerajinan untuk kelas Kontrol
tergolong kurang yaitu 78,125%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus
chi-kuadrat pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil belajar Kerajinan kelas
Eksperimen berdistribusi nomal, karena Xhitung < Xtabel (-64,53 < 11,070) dan kelas
Kontrol berdistribusi normal, karena Xhitung< Xtabel(-51,52 < 11,070). Sedangkan
uji homogenitas Fhitung (1,62) < Ftabel (1,82). sehingga kedua kelas penelitian
memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis yang menggunakan
uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 7,19 sedangkan nilai tabel pada taraf signifikansi
5% dengan n 62= sebesar 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel (7,19>1,67). Oleh
karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Metode
Pembelajaran Latihan (Drill) Terhadap Hasil Belajar Kerajinan Siswa Di SMP
Negeri 2 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 BUSANA 005
Keywords: Hasil Belajar, Teknik Macrame, Kerajinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Jan 2017 09:24
Last Modified: 10 Jan 2017 09:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22541

Actions (login required)

View Item
View Item