PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA (PATTERN MAKING) PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN T.A 2014/ 2015

Astuty, Effy (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA (PATTERN MAKING) PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN T.A 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 508342010 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 508342010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 508342010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 508342010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 508342010 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 508342010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 508342010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 508342010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 508342010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 508342010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam membuat pola gaun pesta pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan (2) untuk mengetahui hasil belajar membuat pola gaun pesta dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar membuat pola gaun pesta pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Desain penelitian ini menggunakan Control Grup Post test – only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 138 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI TB2 sebagai kelas control dan kelas XI TB3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar isian pengamatan yang dilakukan oleh lima orang pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori cukup. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar membuat pola gaun pesta pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis dengan dk = 67 pada taraf signifikas 0,05 adalah hitung t > tabel t (11,655 > 1,996) dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorErmidawati, 195504021980032066
Call Number: SK-2014 BUSANA 013
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pola Gaun Pesta
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Jan 2017 07:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item