HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DI SMP NEGERI 27 MEDAN

Nasution, Khairunnisa (2015) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DI SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5101143015. COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5101143015. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5101143015. PREFACE.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5101143015. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5101143015. TABLES.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5101143015. FIGURES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5101143015. APPENDICES .pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5101143015. CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5101143015. CHAPTER V .pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5101143015.BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan: 1) Tingkat kecendrungan kecerdasan emosional siswa 2) Tingkat kecendrungan hasil belajar prakarya 3) Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar prakarya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 27 medan. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling yaitu pengambilannya dilakukan dengan undian pada masing-masing kelas populasi, sehingga sampel penelitian sebanyak 48 orang. Untuk variabel kecerdasan emosional (X) datanya dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan variabel hasil belajar prakarya (Y) dijaring dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan deskriptif, uji kecendrungan persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil uji kecendrungan dari variabel kecerdasan emosional sebanyak 48 siswa atau sebesar 42% berada dalam katagori cukup, sedangkan tingkat kecendrungan untuk hasil belajar prakarya sebanyak 48 siswa atau sebesar 46% berada dalam katagori cukup. Berdasarkan uji normalitas maka didapat nilai untuk kecerdasan emosional yaitu 5,362<9,49 dan nilai hasil belajar prakarya yaitu 6,15<9,49, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data penggunaan kecerdasan emosional dan hasil belajar berdistribusi normal. Dan hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar prakarya pada siswa SMP Negeri 27 Medan sebagai berikut: Hasil pengujian hipotesis dengan nilai �ℎ�����>�� �� yaitu 0,737 > 0,284 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis tersebut diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: SK-2015 PKK 004
Keywords: Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Prakarya,Perkembangan Remaja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item View Item