PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR LENAN RUMAH TANGGA PADA SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN

Fridiarty, Lely (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR LENAN RUMAH TANGGA PADA SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 035020222- Abstrak.pdf]
Preview
Text
035020222- Abstrak.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of 035020222- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
035020222- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[thumbnail of 035020222- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
035020222- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 035020222- Bab I.pdf]
Preview
Text
035020222- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 035020222- Bab V.pdf]
Preview
Text
035020222- Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 035020222- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
035020222- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pcne1itian ini ada lab untuk rnengetahui: ( 1) pcngaruh pendekatan
pemhelajaran terhadap hasil belajar Lenan Rtunah T:mgga, (2) pengaruh rninat
bcrwirausaha terhadap basil belajar Lcnan Rumal!_Iangga, dan (3) in~raksi antara
pendekatan pl-"tllbelajaran dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar Lenan Rumah
Tangga. ,..
Pt!neljtian ini merupakan pcnclitian quasi eksprimen dengan populasi penclitian
betjumlah 112 orang siswa. dengan sampel berjumlah 56 orang yang ditentukan dengan
teknik cluster rmzdom sampling, yang sebelunmya dioerikan angket minat berwirausaha
untuk mengetahui tingkat minat berwirausaha siswa. Instnuncn yang digunakan untuk
mendapatkan data guna menguji hipotesis penelitian adalah tes hasil belajar yang
sebelumnya telah diuji validitas dengan koreJasi product momen dan reliabilitasnya
dengan menggunakan rumus KR-20. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini
adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik infercnsial untuk rncnguji
hipotcsis pcnclitian. Hipotesis pcnelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur,
yang tcrlebih dahulu dihth1kan uji persyaratan analisis data yaitu t~ji normalitas dengan
uji Lilicfours dan uji Homogenitas varians dcngan uji Barktt.
Basil pengujian hipotcsis menunjukkan bah\\'<1: (.1) Tcrdapat perbedaan hasil
belajar Lenan Rumah Tangga ant<1ra kclompok siswa yang diajar dcngan pendckatan
pembelajaran lnduktif dan pcndekatan pembelajaran deduktif, yang ditunjukkan oleb
FMung ::; 44,34 > F,abel = 4,03 pada taraf signifikan a= 0,05: (2) Terdapat pcrbcdaan hasil
helajar Lcnan Rumah Tangga antara kdompok siswa yang mcmiliki minat ~rwirausaha
tinggi dcngan siswa yang rnerniliki minat bcrwirausaha rcndah, yang ditunjukkan oleh
Fhitung = 67,61 > Ftabel = 4,03 pada t.araf signifikan a= 0,05, dan (3) Tcrdapat intcraksi
antara pendekatan pcmbelajaran dcngan minat bcrwirausaha, yang ditunjukkan oleh
Ftutung = 7,40 > Fta>et == 4,03 pada taraf signifikan a= OJJ5. ,
Hasil penclitian ini diharapkan dapat me1~jadi masukan bagi para- guru rnata
diklat Lcnan Rumah Tangga agar rnenerapkan stratcgi pcmbdajaran yang sesuai dL"tlgan
minat berwirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.82 Fri p
Keywords: hasil belajar; wirausaha, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Sep 2016 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item
View Item