PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MENGGUNAKAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 SATU ATAP SOSORGADONG T.A 2014/2015

Sitanggang, Siti Dahlia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MENGGUNAKAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 SATU ATAP SOSORGADONG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 408311047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 408311047 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 408311047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 408311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 408311047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 408311047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 408311047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 408311047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 408311047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 408311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 408311047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 408311047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 408311047 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 408311047 TABLES.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 408311047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 408311047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 408311047 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 408311047 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 408311047 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 408311047 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 408311047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 408311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan
untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu
Atap Sosorgadong pada Materi pecahan dengan menggunakan Model investigasi
kelompok Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu
Atap Sosorgadong yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah
penggunaan model investigasi kelompok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada materi pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
tes, observasi, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu
Atap Sosorgadong yang berjumlah 39 orang, yang terdiri dari 19 orang siswa lakilaki
dan 10 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
pembelajaran menggunakan model investigasi kelompok dengan menggunakan
LKS pada Materi pecahan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari 39 siswa terdapat 34 siswa
yang mencapai skor 65% dan 5 orang siswa yang mencapai skor < 65%. Dan
dari hasil tes belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,12. Berdasarkan kriteria
keefektifan pembelajaran yang terpenuhi yakni: 1) Ketuntasan belajar siswa
secara klasikal dan individu mencapai 89% yang memperoleh nilai  65 dan siswa
lainnya atau 11% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas
2) Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka
pembelajaran ini dikatakan telah tercapai, 3) Hasil observasi pembelajaran
berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menerapkan model investigasi kelompok berbantuan LKS efektif
digunakan dalam pembelajaran materi pecahan.
Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil
pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan
keempat adalah 65,48; 68,58;74,14;dan 75,53. Rata-rata hasil pengamatan
aktivitas belajar siswa 70,93. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model investigasi
kelompok berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MAT 003
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, LAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Dec 2016 01:38
Last Modified: 20 Dec 2016 01:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22199

Actions (login required)

View Item
View Item