PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK SISWA SMK NEGERI 2 KARANG BARU KUALA SIMPANG

Huri, Agus (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK SISWA SMK NEGERI 2 KARANG BARU KUALA SIMPANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 509131002 COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 509131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 509131002 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 509131002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 509131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 509131002 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 509131002 ILLUTRATION.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 509131002 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 509131002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 509131002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 509131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menganalisis rangkaian listrik pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kuala Simpang Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini dilakukan pada kelas X pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang tahun 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-TITL1, X-TITL2 dan X-TITL3 dimana X-TITL1 = 27 orang, X-TITL2 = 27 orang dan X-TITL3 = 29. Penarikan sampel pada penelitian ini ditentukan secara purposif sehingga diperoleh 27 orang untuk kelas eksperimen dan 27 untuk kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas tes, indeks kesukaran tes, reliabilitas tes, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki skor rata-rata 23,74 sedangkan dengan menggunakan media gambar memiliki skor rata-rata 20,70. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik di kelas X SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang Ajaran 2016/ 2017, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 7,159 > 1,706.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Juaksa195511241985031001
Call Number: SK-2016 ELK 069
Keywords: Hasil belajar; Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Media gambar; Adobe flash CS3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Dec 2016 09:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item