PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Jamingan, (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing atas Bolavoli melalui penerapan pendekatan Saintifik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Tembung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 29 Tembung yang berjumlah 32 orang diantaranya terdiri dari 15 siswa dan 17 siswi. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Passing atas Bolavoli masih rendah yaitu 6 siswa (18,75%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 26 siswa (81,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Passing atas melalui penerapan pendekatan saintifik. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 9 siswa (28,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (71,87%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 28.12. Pada siklus II hasil belajar passing atas bolavoli yaitu 25 siswa (78,12%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (21.88%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 77,05. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 6.25. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar Passing atas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Tembung Tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanik, Suryadi19712241993031002
Call Number: SK--2016 PJKR 041
Keywords: Pendidikan Jasmani; Bola Voli; Blocking
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item