PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGAPANAHKABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2016/2017

Tarigan, Yehezkiel (2016) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGAPANAHKABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123311088_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123311088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123311088_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123311088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6123311088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123311088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123311088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123311088_BAB I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123311088_BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123311088_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribble Bola Basket melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi alat pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigapanah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Tigapanah yang berjumlah 29 orang diantaranya terdiri dari 9 siswa putra dan 20 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Dribble Bola Basket masih rendah yaitu 9 siswa (31,03%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (68,96%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Dribble melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (68,96%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (31,03%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II hasil belajar Dribble Bola Basket yaitu 26 siswa (89,65%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,34%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat dapat meningkatkan hasil belajar Dribble Bola Basket pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigapanah Kabupaten Karo Tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNasution, Usman197511092003121002
Call Number: SK-2016 PJKR 026
Keywords: Pendidikan Jasamani; Bola basket; gaya mengajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21902

Actions (login required)

View Item View Item