PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2015/2016

Siahaan, Heru (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113111018 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113111018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113111018 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113111018 TABLE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113111018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113111018 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Siatas Barita. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi Memahami Bahan Bangunan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan dengan menggunakan model TPS. Dalam penelitian ini, ditemukan pada nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 57 %, kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84 % penilaian aktif. Sedangkan untuk siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75 % meningkat pada siklus II menjadi 84 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Siatas Barita. Selain itu juga dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sorgang195004111981031002
Call Number: SK-2016 BAN 043
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share;Aktivitas Belajar ; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 08:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21767

Actions (login required)

View Item View Item