PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE

Sidabutar, Riris J (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_1.COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_2.APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_3.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_4.PREFACE.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_5.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_6.TABLE.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_7.ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_8.APPENDICES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_9.CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_13.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311029_14.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Teori Tegangan pada Konstruksi Bangunan di Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 28 orang siswa. Data hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 25 soal pada siklus I dan terdapat 13 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 8 soal mudah, 13 soal sedang dan 4 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 6 soal buruk, 11 soal cukup, 6 soal baik, dan 2 soal sangat baik, uji reabilitas tes didapat 0,848 (sangat tinggi). Pada siklus dari II terdapat 25 soal dan diperoleh 15 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 5 soal mudah, 18 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes terdapat 5 soal buruk, 7 soal cukup, 12 soal baik, dan 1 soal sangat baik, uji reabilitas tes didapat 0,82 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai KKM ≥ 75 dan berhasil secara klasikal jika 100% siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 64,91 dengan persentase kelulusan 42,86% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,34 dan persentase kelulusan tuntas 100%. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata sebesar 74,45 dengan persentase kelulusan 67,86% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,34 dengan persentase kelas mencapai kelulusan tuntas 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Balige

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitanggang, Nathanael195808161984031001
Call Number: Sk-2016 BAN 051
Keywords: Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining;Hasil belajar;Ilmu Statistika
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item