PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PENGELASAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK TRI SAKTI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Nainggolan, Tumpal Frengki (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PENGELASAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK TRI SAKTI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 509121041 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 509121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 509121041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 509121041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 509121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 509121041 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 509121041 APPENDINCES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 509121041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 509121041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 509121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan menerapkan model Student Teams Achievement Divicion (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X Teknik Permesinan SMK Tri Sakti Lubuk Pakam. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tri Sakti Lubuk Pakam pada semester gasal pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek kelas X TP berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara observasi dan evaluasi. Selanjutnya dari hasil pre test nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata 45%. Data evaluasi dari post test dari siklus I dengan rata-rata nilai (57,50%). Sedangkan data evaluasi dari post test siklus ke II dengan rata-rata nilai 97,50% berarti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Divicion (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar steknik pengelasan pada kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan siswa kelas X Teknik Permesinan SMK Tri Sakti Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: SK-2016 MSN 085
Keywords: Model pembelajaran Kooperatif Tipe;, Hasil Belajar; Teknik Pengelasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item