PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN KELAS X TKR SMK SWASTA MANDIRI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Sitompul, Faris (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN KELAS X TKR SMK SWASTA MANDIRI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113122012 COVER.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113122012 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113122012 PRECACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113122012 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113122012 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113122012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113122012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113122012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113122012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113122012 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerangkan kompenen/elemen mesin di kelas X SMK Swasta Mandiri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerangkan komponen/elemen mesin dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Medan yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes tertulis secara individu, kemudian data dari hasil observasi yang merupakan catatan penting untuk melihat aktivitas siswa dan guru pada saat kegiatan belajar mengajar dikelas pada setiap siklusnya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan/tindakan, tahap pengamatan/observasi, dan tahap refleksi. Untuk mendapatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan 2 tahapan tes, yaitu tes kemampuan awal (pre test), tes kemampuan akhir (post test). Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal, dari 40 siswa tidak ada yang memperoleh nilai tuntas, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 23 siswa yang mendapat nilai tuntas (57,5%) dan pada siklus II total siswa yang memenuhi kreteria ketuntasan meningkat menjadi 32 siswa (80%). Dari hasil observasi pada siklus I hasil observasi keatifan guru sebesar 71,87% menjadi 87,50% pada siklus II kemudian pada siklus I hasil observasi keaktifan siswa sebesar 42,5% menjadi 77,5% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerangkan komponen/elemen mesin kelas X TKR SMK Swasta Mandiri Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Benja,min195406151982011001
Call Number: SK-2016 MSN 022
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe; Dasar Mesin Devisions
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item