UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN REM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KOTANOPAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Parinduri, Khoirul Syarip (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN REM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KOTANOPAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113122027 COVER .pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113122027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113122027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113122027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113122027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113122027 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113122027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113122027 APPENDICES..pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113122027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113122027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113122027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran rem dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tidakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Berdasarkan hasil analisis pada hasil belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata seluruh siswa 68,95 dimana terdapat 18 siswa (60% siswa) yang dinyatakan lulus, dan 12 siswa dinyatakan tidak lulus (40%). Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata seluruh siswa 72,17 dimana terdapat 23 siswa (76,7%) dinyatakan lulus, dan 7 siswa (24,3%) yang dinyatakan tidak lulus. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat disimpulkan terbukti meningkatkan kemampuan belajar dengan melihat peningkatan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Batumahadi196905022008121001
Call Number: SK-2016 MSN 024
Keywords: Hasil belajar; Pelajaran rem; Model pembelajaran, inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 02:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21688

Actions (login required)

View Item View Item