Purba, Jermy Jose (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TGT( TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN(PDTM) PADA SISWA KELAS X TP SMK MULTI KARYA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1.NIM.5113321015.COVER.pdf - Published Version Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
13.NIM.5113321015.LEMBAR PLAGIAT DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
2.NIM.513321015.ABSTRAK.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
3.NIM.513321015.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
4.NIM.513321015.DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
5.NIM.5113321015.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
6.NIM.513321015.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
7.NIM.5113321015. BAB I.pdf - Published Version Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
11.NIM.513321015.BAB V.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
12.NIM.513321015. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Pengetahuan Dasat Teknik Mesin (PDTM) dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil belajar yang diperoleh sebanyak 22 siswa (62.86%) yang tuntas belajar dengan memperoleh nilai ≥ 70. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu hasil belajar yang diperoleh sebesar 71.43% atau sebanyak 25 siswa yang tuntas belajar dengan memperoleh nilai ≥ 70. Kemudian peningkatan yang signifikan juga ditunjukkan pada siklus III yaitu hasil belajar yang diperoleh sebesar 80% atau sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar dengan memperoleh nilai ≥ 70. Disamping itu kemampuan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran terjadi peningkatan yang belum kompeten menjadi kompeten sebanyak 6 siswa (17.14%) yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus III. Berdasarkan perolehan nilai siswa yaitu sebanyak 28 orang (80%) pada siklus III sudah memperoleh nilai ≥ 70, ini berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 75% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe TGT secara optimal dengan strategi yang tepat juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kemampuan dalam diskusi kelompok mengalami kemajauan. Hal ini dapat dilihat dari sudah mulai terbiasanya siswa belajar dalam kelompok. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata – rata 60% menjadi 71,43% pada siklus II dan menjadi 74,29% pada siklus III. Peningkatannya sebesar % dari siklus I ke siklus II dan peningkatan sebesar ... % dari siklus II ke siklus III. Hal ini menunjukan bahwa belajar dengan menggunakan media, khususnya model pembelajaran cooperatif tipe TGT dapat menuntun siswa lebih aktif dan kreatif serta menambah semangat belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 MSN 083 | ||||||
Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT;Meningkatkan hasil belajar; siswa pengetahuan dasar teknik mesin | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2016 10:16 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21680 |
Actions (login required)
View Item |