PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS ADOBE FLASH CS3 TERHADAP PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN LISTRIK SEDERHANA (MIPBLS) DI KELAS X SMK NEGERI I LUBUK PAKAM

Limbong, Juhardi M. (2016) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS ADOBE FLASH CS3 TERHADAP PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN LISTRIK SEDERHANA (MIPBLS) DI KELAS X SMK NEGERI I LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103131025 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103131025 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103131025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103131025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103131025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103131025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 5103131025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 5103131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pengembangan media belajar berbasis Adobe Flash CS3 dalam pembelajaran MIPBL (Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Sederhana) di SMK Negeri I Lubuk Pakam dan (2) apakah pengembangan media belajar berbasis Adobe Flash CS3 efektif terhadap pembelajaran MIPBL (Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Sederhana). Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pembelajaran Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Listrik Sederhana (MIPBLS) yang dirancang dalam bentuk pengembangan bahan ajar berbasis Adobe Flash CS3. Produk pengembangan media pembelajaran interaktif memerlukan validasi dalam rangka evaluasi formatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan pemakai produk yaitu siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Instrumen pengumpulan data pada pengembangan ini berupa angket penilaian yang diadaptasi dari instrumen kelayakan media pembelajaran interaktif yang telah dirancang oleh Sriadhi (2014). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sebaran angket data kualitatif berupa uraian saran dan masukan tertulis oleh responden sebagai data tambahan. Berdasarkan data hasil validasi ahli materi yang meliputi aspek panduan informasi dan konten bahan ajar diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,47 dengan kategori sangat layak. Selanjutnya data hasil validasi ahli media yang meliputi aspek panduan informasi, penggunaan coursware dan kualitas estetika paparan diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,30 dengan kategori sangat layak. Selanjutnya data hasil uji coba yang dilakukan terhadap 3 (tiga) orang siswa diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,53 dengan kriteria sangat layak. Secara keseluruhan hasil validasi uji coba pengembangan media pembelajaran interaktif ini memperoleh penilaian sangat layak yang berarti bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran MIPBLS sangat layak digunakan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPasaribu, Abner195411161980031004
Call Number: Sk-2016 ELK 065
Keywords: Hasil belajar; Bahan ajar; Multimedia interaktif; Media belajar; Instalasi penerangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21664

Actions (login required)

View Item View Item