PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR PADA SISWA KELAS X SMK TKJ YAPIM TARUNA BELAWAN

Pasaribu, Dahrani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR PADA SISWA KELAS X SMK TKJ YAPIM TARUNA BELAWAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123331011 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123331011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123331011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123331011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123331011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123331011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123331011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5123331011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar Khususnya Pada Materi Mengenal Komponen Elektronika Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan siswa yang diajarkan Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK TKJ Yapim Taruna Belawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Yapim Taruna Belawan Yang Mengikuti Mata Pelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction adalah kelas X TKJ-1 yang berjumlah 28 siswa serta kelas X TKJ-2 menjadi kelas kontrol kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional yang berjumlah 32 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar antara Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Model Pembelajaran Konvensional, dimana hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 22,6 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 20,03. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction diperoleh Lhitung sebesar 0.0985 dan Ltabel sebesar 0.168 karena Lhitung < Ltabel atau 0.0985 < 0.168, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar dengan Model Pembelajaran Konvensional diperoleh Lhitung sebesar 0.121 dan Ltabel = 0.156 karena Lhitung < Ltabel atau 0.121 < 0.156, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar diperoleh Fhitung sebesar 1,17 dan Ftabel 1,9 karena Fhitung < Ftabel atau 1,17 < 1,9 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar Pada Siswa Kelas X SMK TKJ Yapim Taruna Belawan. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 3,172 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,672.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Paningkat196212031987031002
Call Number: SK-2016 ELK 056
Keywords: Hakekat hasil belajar; Pembelajaran; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Explicit instruction
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item View Item