PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI METODE PENGGORENGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPHP SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016

Ginitng, Dewi Cahaya Novitarini (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI METODE PENGGORENGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPHP SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 509142008 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 509142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 509142008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 509142008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 509142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 509142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 509142008 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 509142008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 509142008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 509142008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 509142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar pada materi metode penggorengan. Desain penelitian ini adalah quasi experimen. Lokasi penelitian dilaksanakan si SMK Negeri 1 Berastagi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap. Penentuan kelas dilakukan secara total sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI TPHP 1 yang berjumlah 29 orang dan kelas XI TPHP 2 yang berjumlah 29 orang sehingga total sampel berjumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji normalitas menggunakan liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar metode penggorengan yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction termasuk kategori cenderung tinggi dengan rata-rata sebesar 82,03 dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Direct Instruction cenderung cukup dengan rata-rata sebesar 60,62. Uji normalitas dari kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T Test dan uji pihak kanan dengan varians kedua kelompok sampel diperoleh nilai t-hitung sebesar 7,701 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,004. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan teruji kebenarannya secara statistik pada taraf signifikan α = 0.05. Dengan demikian model pembelajaran Direct Instruction memberikan pengaruh lebih signifikan atau lebih baik terhadap hasil belajar siswa dengan materi metode penggorenga di kelas XI TPHP SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAkmal, Nikmat196412191989032001
Call Number: SK-2016 BOGA 072
Keywords: Model Pembelajaran; Direct Instruction; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21642

Actions (login required)

View Item View Item