PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SATU ATAP KUALA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS BUDAYA KARO

Barus, Ika Andayani (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SATU ATAP KUALA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS BUDAYA KARO. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 8146171039. COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 8146171039. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 8146171039. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 8146171039. PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 8146171039. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 8146171039. TABLES.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 8146171039. DIAGRAMS.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 8146171039. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 8146171039. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
010. NIM. 8146171039. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. NIM. 8146171039. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015. NIM. 8146171039. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan realistik berbasis budaya karo lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa?, (3) Bagaimana proses penyelesaian soal-soal komunikasi matematis pada pendekatan realistik berbasis budaya karo dan pembelajaran konvensional? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala, dengan sampel dua kelas berjumlah 64 siswa melalui teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang diajar melalui Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Karo lebih tinggi dari pada siswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Karo dan pembelajaran konvensional) dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi, (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematis pada Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Karo lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 Bar p
Keywords: Pendekatan realistik; Budaya karo; Kemampuan awal matematika; Kemampuan komunikasi matematis; Disposisi matematis; Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item