PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD

Sinurat, Sinar Bornok (2004) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar IPA SD kelas VI yang diajar dengan strategi pembelajaran keterampilan proses menggunakan KIT IPA dengan strategi pembelajaran keterampilan proses menggunakan media konvensional ; 2) perbedaan basil belajar IPA SD kelas VI yang diajar dengan strategi pembelajaran keterampilan proses menggunakan KIT IPA bagi siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan siswa yang memiliki minat baca rendah, 3) melihat interaksi antara strategi pembelajaran keterampilan proses menggunakan KIT IPA dengan rninat baca terhadap hasil belajar IPA SD.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD St Yoseph Medan sebanyak 4 kelas dan berjurnlah 200 orang sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas berjumlah 80 orang.Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun ajaran 2003/2004 di SD St Yoseph Medan dengan cara eksperimen menggunakan rancangan anaya faktorial 2 x 2. Minat baca siswa ditentukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar IPA yang dibatasi pada ranah kognitif sebanyak 27 soal dengan rentang skor 0 sampai 27.Untuk rnengetahui kemampuan awal siswa dilakukan tes awal. Temuan penelitian adalah (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran keterampilan proses menggunakan KIT IPA dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran keterampilan proses menggunakan media konvesional, (Fhitung = 7,24 > Ftabel= 1,76); (2) ada perbedaan basil belajar WA antara siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan siswa yang memiliki minat baca rendah (Fhitung 18.08 > Ftabel =1,76 ); (3) ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan rninat baca terhadap hasil belajar IPA diperoleh Fhitung = 4,71 > Ftabel = 3,97. Dengan demikian hasil penelitian ini rnenunjukkan bahwa strategi pembelajaran keterampilan proses dengan menggunakan KIT IPA lebih baik bagi siswa dalam pelajaran IPA di SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031000
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031000
Call Number: 371.3 Sin
Keywords: Hasil Belajar; Minat baca, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item View Item