UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 173497 KARONTANG KECAMATAN TARABINTANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Hasugian, Koleksin (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 173497 KARONTANG KECAMATAN TARABINTANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173497 Karontang, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar pada materi metamorfosis sempurna di kelas IV SD Negeri 173497 Karontang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173497 Karontang dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 47,81 dari 32 orang siswa, dimana 12 siswa (37,5%) memperoleh ketuntasan dan 20 siswa (62,5%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 57,81 dimana 16 siswa (50%) memperoleh ketuntasan, 16 siswa (50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 79,16% kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 68,13 dimana 27 siswa (84,38%) memperoleh ketuntasan, 5 siswa (15,62%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 91,66% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: SK-2016 PGSD 301
Keywords: Hasil belajar; Metode Eksperimen; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item