UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARANN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 173478 LAKSA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Junianti, Rina (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARANN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 173478 LAKSA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibahas mengenai motivasi Belajar siswa yang rendah dalam pelajaran matematika yang disebabkan tidak kondusif suasana pada pelajaran matematika, ketidak pedulian siswa dalam pelajaran matematika, kondisi yang ribut ketika proses pada pelajaran matematika dan guru yang tidak menggunakan metode lain dalam pelajaran matematika. Batasan masalah ini hanya mencakup tentang Operasi bilangan campuran dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika dengan menggunakan metode alat peraga T.P. 2015/2016. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) bersubjek di kelas IV SD Negeri 173478 Laksa, Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 Laki-laki dan 10 Perempuan. Pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari permainan yang berbeda dalam pelajaran matematika. Instrumen penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar angket. Lembar observasi yang dilakukan ada dua yaitu lembar observasi dan lembar angket. Lembar observasi yang dilakukan ada dua yaitu lembar observasi motivasi belajar siswa secara klasikal dan lembar observasi aktivitas guru. Lembar angket hanya terdiri dari 16 soal. Setiap soal mempunyai pilihan yang terdiri dari a, b, c, dan d yang setiap peilihannya berbeda nilainnya yaitu nilai positif dan nilai negatif. Hasil data yang dieperoleh berupa tabel. Pada lembar observasi motivasi belajar siswa ini diperoleh siswa termotivasi 27,63% pada pertemuan I siklus I dan 50,96% pertemuan II siklus I. Hasil tersebut perlu dilakukan perbaikan disklus II dalam metode alat peraga diperoleh 77,63% pertemuan I dan 89,53 % pertemuan II, terjadi peningkatan motivasi. Sedangkan dalam instrument angket pada siklus I diperoleh 58,12 %, hal itu tidak sesuai dengan nilai yang diharapkan sehingga perlu dilakukan perbaikan di siklus II. Dalam siklus II diperoleh data 70,46%, sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan lembar angket. Selain itu, nilai hasil observasi guru adalah 33,33% pada pertemuan I Siklus I, 48,25% pertemuan II siklus I tidak mencapai nilai 75%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II 68,25% pada pertemuan I dan 80,95% Yang merupakan peningkatan yang cukup baik untuk aktivitas guru sehingga dikatakan berhasil dan mencapai nilai yang sesuai dengan tujuan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Alat Peraga dapat meningkatan motivasi belajar pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 173478 Laksa, Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016. Disarankan guru lebih kreatif dalam pembelajaran dan dapat menggunakan metode alat peraga ketika proses dalam pembelajaran berlangsung agar siswa memilki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: SK-2016 PGSD 297
Keywords: Matematika; Hasil Belajar; Alat Peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21623

Actions (login required)

View Item View Item