PENERAPAN MODEL PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI NO. 030421 GENTING TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sagala, Asbi (2016) PENERAPAN MODEL PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI NO. 030421 GENTING TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 114522314020 JUDUL.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 114522314020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 114522314020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 114522314020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 114522314020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 114522314020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 114522314020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 114522314020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 114522314020 BAB I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 114522314020 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 114522314020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan Penerapan Model Pemecahan Masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri No 030421 Genting Kec. STTU Jehe Kab. Pakpak Bharat? Pada materi Daur Hidup Hewan mereka tidak merasa tertarik karena mereka bukan sebagai pemeran dalam Pembelajaran tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Metode Pembelajaran Berdasarkan masalah yang di hadapi. Dari latar belakang yang ada maka peneliti mengangkat permasalah yaitu: Apakah dengan menggunakan penerapanm model pemecahan masalah dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No 030421 Genting Kec. STTU Jehe Kab. Pakpak Bharat. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode test dan observasi. Tes dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai. Metode observasi dilaksanakan selama proses belajar mengajar sedang berlangsung. Pada pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan data kelas V yang berjumlah 26 orang siswa. Peneliti menggunakan 2 siklus dalam penelitian tersebut. Jumlah Siswa yang tuntas belajar pada saat pre test 4 orang atau ketuntasan klasikalnya 15,38 % dengan nilai rata- rata 58,27. Pada saat Post test di siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 orang atau ketuntasannya secara klasikalnya 42,31 % dengan nilai rata- rata 67,12. Namun karena masih belum mencapai rata-rata ketuntasan secara klasikal, yaitu sebanyak 70% maka perlu dilanjutkan ke siklus ke II. Pada postest siklus II siswa yang tuntas adalah sebanyak 22 orang atau ketuntasan secara klasikalnya sebesar 84,62% dengan nilai rata-ratanya adalah 77,69. Ini menunjukkan bahwa siswa telah tuntas secara klasikal. Maka penulis menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No 030421 Genting Kec STTU Jehe Kab Pakpak Bharat Tahun Pelajaran. 2015/201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Syamsul197605132000121001
Call Number: SK-2016 PGSD 495
Keywords: Model Pemecahan Masalah; IPA; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item