UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA TEMA LINKUNGAN DI KELAS II SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO T.P. 2015/2016

Pardede, Suryani Trisnawati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA TEMA LINKUNGAN DI KELAS II SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema lingkungan, guru hanya menggunakan model atau metode pembelajaran ceramah yang memusatkan kegiatan hanya pada guru sementara siswa kurang akrif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada tema lingkungan di Kelas II SDN 173327 Bahalimbalo TA. 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 173327 Bahalimbalo yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana siklus I terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dimana siklus II lebih memfokuskan menggunakan model picture and picture. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tesdan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi setiap item yang di observasi. Setelah dilaksanakan pre tes hasil tes awal diperoleh rata–rata nilai kemampuan awal siswa sebesar 16,5% dengan kategori kurang, ketuntasan siswa hanya terdapat 5 siswa dari 30 siswa dengan rata-rata 12,5%, dengan ketidaktuntasan 83,5% terdapat dari 25 siswa dari 30 siswa. Setelah dilakukan siklus I, hasil post tes meningkat. Penguasaan siswa meningkat menjadirata-rata 46% dan secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam belajar dengan ketuntasana 16 siswa dari 30 siswa, sementara ketidaktuntasan sebanyak 14 siswa dari 30 siswa dengan persentase 54%. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 54% dengan kategori kurang. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan memfokuskan menggunakan model picture and picture, tingkat keberhasilan meningkat menjadi rata-rata 81,25%. 27 orang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90% atau secara klasikal siswa mencapai ketuntasan belajar. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus II sebesar 83% dengan kategori baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelalajran menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 173327 Bahalimbalo TA. 2015/2016 pada tema lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIdrus, Said Iskandar Al197703182005011001
Call Number: SK-2016 PGSD 304
Keywords: Model Pembelajaran; Matematika; Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item