PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105271 SERBAJADI TA 2015 / 2016

Sembiring, Kenzia Gloria Hati (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105271 SERBAJADI TA 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan di SD Negeri 105271 Serbajadi. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar IPA materi pokok gaya magnet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan strategi inkuiri di kelas V SD Negeri 105271 Serbajadi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan..dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa atau prasiklus yang bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dan kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal di peroleh 6 orang memperoleh kriteria kreatif (18,75%), 3 orang memiliki kreativitas belajar cukup (9,375%), 23 orang memiliki kreativitas belajar kurang (71,875%). Pada siklus I mengalami perubahan yaitu : 7 siswa (21,875%) memperoleh kriteria sangat kreatif, 11 siswa (34,375%) memperoleh kriteria kreatif, 5 siswa (15,625%) memperoleh kriteria cukup, dan 9 siswa (28,125%) memperoleh kriteria kurang. Dan pada siklus II presentase kreativitas belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan presentase yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas belajar siswa, yaitu : 17 siswa (53,125%) memperoleh kriteria sangat kreatif, 9 siswa (28,125%) memperoleh kriteria kreatif, 4 siswa (12,50%) memperoleh kriteria cukup dan 2 (6,25%) siswa memperoleh kriteria kurang. Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari angket pada siklus I adalah : 4 siswa (12,50%) memperoleh kriteria sangat kreatif, 16 siswa (50%) memperoleh kriteria kreatif, 6 siswa (18,75%) memperoleh kriteria cukup, dan 6 siswa (18,75%) memperoleh kriteria kurang. Dan pada siklus II diperoleh: 14 siswa (43,75%) memperoleh kriteria sangat kreatif, 12 siswa (37,50%) memperoleh kriteria kreatif, 3 siswa (9,375%) memperoleh kriteria cukup, dan 3 siswa (9,375%) memperoleh kriteria kurang. Penilaian pada penilai yang dilakukan oleh wali kelas V pada siklus I memperoleh presentase 66,25% dan pada siklus II Presentasenya sebesar 85% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 105271 Serbajadi. Oleh karena itu, strategi pembelajaran inkuiri dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: SK-2016 PGSD 183
Keywords: Strategi Inkuiri; Meningkatkan Kreativitas Belajar; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item View Item