UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN. NO. 078461 ORAHILI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lahagu, Juniaro (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN. NO. 078461 ORAHILI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 114523114040 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 114523114040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 114523114040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 114523114040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 114523114040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 114523114040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 114523114040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 114523114040 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 114523114040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 114523114040 BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 114523114040 BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 114523114040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar juga terjadi. Di sekolah ini pada pelajaran IPA, suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila tingkat penguasaan siswa pada materi sudah mencapai 70% ke atas. Akan tetapi setelah peneliti melakukan pembelajaran, ternyata hasil belajar yang diperoleh rendah, yaitu siswa yang mampu menguasai materi sampai 70% hanya 3 orang dari 21 siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa tentang sumber daya alam pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD. Negeri No. 078461 Orahili Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat TP. 2015/2016 dapat meningkat dengan menggunakan metode diskusi? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pendekatan penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian deskriptif. Kriteria yang akan digunakan adalah Apabila pada siklus I siswa yang mencapai daya serap lebih dari 70 belum mencapai 75% dari jumlah keseluruhan siswa, maka penelitian akan berlanjut ke siklus II. Dan penelitian dikatakan berhasil bila 75% siswa kelas tersebut mencapai daya serap lebih dari 70%.. Dari hasil perbaikan pelajaran yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan melalui pengajaran dengan metode diskusi hasil belajar siswa khusus pada materi pelajaran sumber daya alam meningkat. Berdasarkan kesimpulan diatas ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA antara lain: (1) Kepada guru, yang ingin menerapkan pembelajaran dengan penerapan metode diskusi agar memberikan perhatian kepada siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran; (2) Siswa, yaitu penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berfikir logis, kritis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan IPA sehingga dapat meningkatkan hasil belajar; (3) Agar kepala sekolah dapat mendukung sarana dan prasarana belajar siswa serta lingkungan sekolah yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: SK-2016 PGSD 366
Keywords: IPA; Sumber Daya Alam; Diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item