Khairunnisa, (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS BUDAYA MELAYU LANGKAT DI MTS NEGERI TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
01. 8146172035. Cover.pdf - Published Version Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
02. 8146172035. Lembar Pengesahan + Pernyataan.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
03. 8146172035. Abstrak.pdf - Published Version Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
04. 8146172035. Kata Pengantar.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
05. 8146172035. Daftar Isi.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
06. 8146172035. Daftar Tabel.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
07. 8146172035. Daftar Gambar.pdf - Published Version Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
08. 8146172035. BAB I.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
012. 8146172035. BAB V.pdf - Published Version Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
013. 8146172035. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa; (2) Menganalisis peningkatan minat belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa; (3) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (4) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa terhadap minat belajar matematika siswa; dan (5) Menganalisis proses jawaban matematika siswa terkait kemampuan representasi matematis pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Tanjung Pura Kabupaten Langkat pada kelas VII yang terdiri dari 7 kelas parallel dan terpilih secara acak dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi matematis dan angket minat belajar matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,431 dan 0,791 berturut-turut untuk kemampuan representasi matematis dan minat belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dan analisis deskriptif proses jawaban matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa; (2) Peningkatan minat belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa; (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa terhadap peningkatan minat belajar matematika siswa; dan (5) Proses jawaban matematika siswa terkait kemampuan representasi matematis pada siswa yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat lebih baik daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 510.071 Kha p | |||||||||
Keywords: | Kemampuan representasi matematis; Minat belajar matematika; Pendekatan ralistik berbasis budaya melayu langkat; Pembelajaran biasa dan kemampuan awal matematika siswa | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:11 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |