PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173491 SINGALAEARDAN KEC. PARLILITAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Siagian, Elly (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173491 SINGALAEARDAN KEC. PARLILITAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada pelajaran Matematika khususnya dalam menyelesaikan soal cerita
dikarenakan siswa kurang memahami pertanyaan yang disajikan dalam bentuk
kalimat panjang.
Untuk menciptakan pembelajaran yang baik dan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, guru dituntut untuk mampu memilih dan menentukan model
pembelajaran apa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sesuai dengan
kondisi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan melalui
model pembelajaran Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 173491
Singalaeardan Humbahas melalui sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173491
Singalaeardan dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki
dan 8 siswa perempuan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil
belajar siswa dengan persen ketuntasan 23% dan pada siklus II diperoleh hasil
belajar siswa dengan persen ketuntasan 85% dan hasil observasi yang dilakukan
pengamat pada kegiatan guru dan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus
II, dengan kata lain setelah siklus II dilaksanakan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
mengerjakan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung bilangan di kelas IV
SD Negeri 173491 Singalaeardan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 260
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Hitungan Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:38
Last Modified: 18 Nov 2016 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item
View Item