PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO KEC. PARANGINAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Sianturi, Novita (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO KEC. PARANGINAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN. 173327 Bahalimbalo, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa daftar chek list. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN. 173327 Bahalimbalo T.P 2015/2016. Dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Strategi pembelajaran inkuiri adalah suatu cara menyampaikan pelajaran yang meletakkan dan mengembangkan cara berpikir ilmiah dimana siswa mengasimilasi suatu konsep. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar chek list dengan indikator berikut ini: (a) aktif dalam pembelajaran, (b) memahami pelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri, (c) kemampuan siswa dalam melakukan penemuan, (d) interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, (e) dapat mengerjakan soal yang diberikan. Hasil penelitian diperoleh jumlah skor pada kondisi awal yang tuntas 7 orang dengan persentase 29,17% dan 17 orang yang belum tuntas dengan persentase 70,83%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang siswa dengan persentase 58,33% dan 10 orang siswa belum tuntas dengan persentase 41,67%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang semakin meningkat yaitu 22 orang siswa dengan persentase 91,67% yang tuntas dan 2 orang siswa dengan persentase 8,33% yang belum tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tumbuhan hijau di SD Negeri 173327 Bahalimbalo T.P 2015/2016. Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tumbuhan hijau di kelas V SD Negeri 173327 Bahalimbalo dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIdrus, Said Iskandar Al197703182005011001
Call Number: SK-2016 PGSD 309
Keywords: Hasil Belajar; Tumbuhan Hijau; Sumber makanan Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item