UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173453 NAGURGURAN KEC. SIJAMAPOLANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Siburian, Lousiana Ebernzer (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173453 NAGURGURAN KEC. SIJAMAPOLANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 173453 Nagurguran Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah “ untuk mengetahui bahwa melalui penerapan Metode Demonstrasi dapat Menigkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 173453 Nagurguran Semester I Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penilaian ini dilaksanakan di SD Negeri 173453 Nagurguran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 20 orang, dan objek penelitian ini adalah penerepan Metode Demonstrasi untuk Hasil Belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data. Banyak siswa yang diteliti yaitu 20 orang. Dari penelitian yang dilaksan akan diperoleh hasil peningkatan belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelititian pada Data tes awal (pre test) diproleh bahwa nilai rata-rata kelas 49 dan jumlah siswa yang tuntas hanya 5 orang siswa (25%) dan yang belum tuntas 15 orang (75%). Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan penerapan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata kelas 58, siswa yang tuntas 9 orang (45%) dan belum tuntas 11 orang (55%) dan nilai observasi aktivitas siswa 45% dan nilai observasi aktivitas siswa 77,08%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal terlihat nilai rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu 67, jumlah siswa yang tuntas juga semakin meningkat yaitu 17 orang (85%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (15%), nilai observasi aktivitas siswa meningkat mencapai 91,66%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan sifat benda kelas V SD 173453 Nagurguran Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNababan, Ramsul197111022002121002
Call Number: SK-2016 PGSD 280
Keywords: Hasil Belajar; IPA;Materi Pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 09:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item View Item