UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA KONGKRIT DI KELAS 1 SD NEGERI 174538 TIPANG KECAMATAN BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Situmorang, Hervinta (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA KONGKRIT DI KELAS 1 SD NEGERI 174538 TIPANG KECAMATAN BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 174538 Tipang .Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016.Tujuan penelitian inii adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran matematika dengan metode alat peraga Kongkrit di kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 174538 Tipang yang berjumlah 20 Orang ,12 siswa perempuan dan 8 laki laki dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode alat peraga kongkrit untuk meningkatkn hasil belajar siswa .penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus ,dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan ,tindakan Observasi , dan refleksi . Adapun Teknik Analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data , data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 25,93 % dengan rata-rata 49,63 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 48,15 % dengan rata-rata nilai 59,26 meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa atau 88,89 % dengan rata-rata nilai 68,89 atau mengalami peningkatan sebesar 62,96 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode alat peraga konkret dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: SK-2016 PGSD 247
Keywords: Alat Peraga; Mengoperasionalkan;Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21551

Actions (login required)

View Item View Item