Situmorang, Hervinta (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA KONGKRIT DI KELAS 1 SD NEGERI 174538 TIPANG KECAMATAN BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. Cover.pdf - Published Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf - Published Version Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB V.pdf - Published Version Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 174538 Tipang .Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016.Tujuan penelitian inii adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran matematika dengan metode alat peraga Kongkrit di kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 174538 Tipang yang berjumlah 20 Orang ,12 siswa perempuan dan 8 laki laki dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode alat peraga kongkrit untuk meningkatkn hasil belajar siswa .penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus ,dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan ,tindakan Observasi , dan refleksi . Adapun Teknik Analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data , data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 25,93 % dengan rata-rata 49,63 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 48,15 % dengan rata-rata nilai 59,26 meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa atau 88,89 % dengan rata-rata nilai 68,89 atau mengalami peningkatan sebesar 62,96 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode alat peraga konkret dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 PGSD 247 | ||||||
Keywords: | Alat Peraga; Mengoperasionalkan;Matematika | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:35 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |