Saragih, Herti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA LIDI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173414 POLLUNG KEC. POLLUNG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. Cover.pdf - Published Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf - Published Version Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB V.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Sd Negeri 173414 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan penggunaan media dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui : penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 173414 Pollung tahun pembelajaran 2015/2016. Adapun masalah yang di jumpai di sekolah yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173414 Pollung tahun pembelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 20 orang. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian saat pre tes, nilai rata-rata siswa 47,00 dari 20 orang siwa, di mana 5 siswa (25%) yang memperoleh ketuntasan dan 15 orang siswa( 75 %) yang belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 53,5 dimana 9 siswa (45 %) yang memperoleh ketuntasan dan 11 siswa(55%) yang belum tuntas,nilai Observasi pengajaran 72,92% kategori penilaian cukup dan nilai observasi siswa 75% kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 71,50 dimana 17 orang siswa (85%) memperoleh ketuntasa, 3 siswa (15%) yang belum tuntas, nilai observasi pengajaran 91,67% kategori penilaian baik sekali dan nilai observasi aktivitas siswa 89,58% kategori penilaian baik secara klasial. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat di simpulkan bahwa penerapan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasinya adalah penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. oleh karena itu guru matematika di sarankan untuk menggunakan media lidi supaya memperoleh asil belajar yag lebih tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 PGSD 248 | ||||||
Keywords: | Mmedia; Belajar Mengajar; Matematika | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:30 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |