PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Rajagukguk, Ratna (2016) PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 173316 Paranginan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn Siswa kelas IV SD Negeri 173316 ParanginanTahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model STAD (Student Team Achievement Devision)di kelas IV SD Negeri 173316 Paranginan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) Siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata belajar siswa 53,55 dengan jumlah siswa yang tuntas 15 orang (39. 48%) dan yang belum tuntas sebanyak 23 orang (60,52%).Setelah dilakukan penerapan Model STAD pada siklus I Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat 6,71 % dari nilai awal dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 orang (71, 06%) dan yang belum tuntas 11 orang (28,94%).Pada siklus II nilai rata-rata belajar siswa 80,92. Siswa yang telah tuntas 37 orang (97,37%) dan yang belum tuntas 1 orang (2,63%). Jadi selisih peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 20,66%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 173316 Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Parulian195703051984031001
Call Number: SK-2016 PGSD
Keywords: PKn; hasil Belajar; STAD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item