PENERAPAN METODE PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA KELAS V SD NEGERI 175786 SIAMBATON JULU KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Solin, Pismaet Krisman (2016) PENERAPAN METODE PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA KELAS V SD NEGERI 175786 SIAMBATON JULU KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan Hubungan Makanan dan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hubungan Makanan dan Kesehatan di SD Negeri 175786 Siambaton Julu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan penerapan PAIKEM dalam mengajarkan IPA. Dan dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 175786 Siambaton Julu T.P. 2015/2016 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan penerapan PAIKEM di kelas V SDNegeri 175786 Siambaton Julu T.A 2015/ 2016. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes yaitu pada post test siklus I dan post-test siklus II. Kemudian tes dan observasi penelitian ini dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam I kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan penggunaan penerapan PAIKEM mulai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu pada tes awal dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang dengan nilai persentase antara 36,36 % sampai 90,90 % rata-rata 59,29% atau 5 orang siswa yang tuntas dalam belajar dipersentasikan sebesar 22,73%. Kemudian siswa yang tidak tuntas dalam belajar pada saat tes awal terdapat 17 orang siswa dipersentasikan sebesar 77,27%. Kemudian pada siklus I diperoleh peningkatan yaitu 22 orang siswa dengan nilai persentase antara 40,90% sampai 90,90% rata-rata 63,55% atau 10 orang siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus I dan terdapat 12 orang siswa yang tidak tuntas dipersentasikan sebesar 54,54%. Dari perolehan siklus I, masih ditindak lanjuti pada siklus II, perolehan siklus II dari 22 orang siswa dengan nilai persentase antara 45,45% sampai 95,95% rata-rata 80,90% atau 19 orang siswa tuntas dalam belajar dipersentasikan sebesar 86,36% dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar sebanyak 3 orang dipersentasikan sebesar 13,63 %. Hasil diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Penerapan PAIKEM siswa lebih semangat dalam belajar karena PAIKEM dapat menciptakan pembelajaran lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan penerapan PAIKEM di kelas V SDNegeri175786 Siambaton Julu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNababan, Ramsul197111022002121002
Call Number: SK-2016 PGSD 255
Keywords: Sains; Metode Paikem; Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item