UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) KELAS IV SD NEGERI 030425 SIMERPARA TAHUN AJARAN 2015/2016

Berutu, Hesekiel (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) KELAS IV SD NEGERI 030425 SIMERPARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
(1) NIM 114522314033 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) NIM 114522314033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) NIM 114522314033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4) NIM 114522314033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5) NIM 114522314033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) NIM 114522314033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) NIM 114522314033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) NIM 114522314033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) NIM 114522314033 BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(13) NIM 114522314033 BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) NIM 114522314033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 030425 Simerpara. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menyajikan pokok bahasan pecahan dan pecahan senilai, selanjutmya memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 030425 Simerpara pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Setelah dilakukan analisa data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 030425 Simerpara Tahun Pelajaran 2015/2016 terbukti meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian rata-rata nilai pada saat tes 1 adalah 6,15 sedangkan pada saat tes 2 menjadi 8,06. Sebelum dilaksanakan tindakan, hasil belajar siswa masih rendah dengan ketuntasan belajar 10% (sebanyak 3 siswa yang tuntas) belum mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yaitu 80%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar 70% (sebanyak 21 siswa yang tuntas) yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar minimal ketuntasan belajar. Hasil belajar pada siklus II sama dengan hasil belajar pada siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMansyur, Abil197209061999031002
Call Number: SK-2016 PGSD 227
Keywords: Model Contectual Teaching; Matematika;Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21525

Actions (login required)

View Item View Item