PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 030429 JAMBU T.A 2015/2016

Boangmanalu, Nelson (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 030429 JAMBU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 114522314004 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 114522314004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 114522314004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 114522314004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 114522314004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 114522314004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 114522314004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 114522314004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 114522314004 BAB I.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 114522314004 BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 114522314004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

pada materi Bangun ruang Balok, T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Contetualteaching And Learning Aktivitas BelajarMatematika SiswaKelas IV SD N 030429 Jambu Dalam Pokok Bahasan Bangun Ruang Balok dapat ditingkatkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan Model Pembelajaran CTL sebagai sasaran utama. Dimana peneletian ini berupaya memaparkan Model pembelajaran CTL dalam pembelajaran Matematika kelas IV pada materi Bangun Ruang Balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Berjumlah 24 orang yang diantaranya 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan di SD Negeri 030429 Jambu. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhada kelas yang akan diteliti dan saran kepala sekolah. Objek formal dengan penerapan Model Pembelajaran CTL pada mata pelajaran Matematika. Hasil penelitian pada pre test 3 orang siswa yang lulus, pada post test siklus I mencapai 10 orang siswa yang telah berhasil dengan nilai rata-rata 55 dan ketuntasan klasikalnya 41,67% sedangkan ketuntasan klsaikal yang harus dicapai adalah 80% dan KKM 70. Dan pada post test siklus II mencapai21 orang siswa yang telah berasil dari jumlah siswa 24 orang dengan nilai rata-rata 73,75 dan ketuntasan klasikalnya 87,50%. Dapat disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 87,50%. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada materi Bangun Ruang Balok, T.A 2015/2016 SD Negeri 030429 Jambu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Winsyahputra198109192006041004
Call Number: SK-2016 PGSD 230
Keywords: Konstruktivisme; Bertanya; Refleksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 06:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21514

Actions (login required)

View Item View Item